PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN BAHASA PADA GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DALAM BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Arif Ma'mun Rifa'i

Sari


Abstrak

 

Pentingnya bahasa bagi manusia merupakan hal yang tidak dapat dielakkan, karena bahasa merupakan alat komunikasi manusia, salah satu bahasa di era sekarang ini menjadi tuntutan kuat adalah bahasa Inggris, bahasa Inggris di era sekarang ini bukan lagi pilihan melainkan sudah menjadi tuntutan, bahasa Inggris dengan statusnya sebagai bahasa asing menuntut tidak hanya guru bahasa Inggris namun peserta didik juga membutuhkan treatmen yang berbeda dengan bahasa inggris sebagai bahasa kedua. Kesiapan dalam belajar juga ada pada gaya belajar atau sikap dimana sikap adalah keadaan mental dan saraf dari kesiapan, yang diselenggarakan melalui pengalaman, mengerahkan direktif atau pengaruh dinamis terhadap respon individu untuk semua materi  dan situasi belajar dengan keterkaitanya. dalam meningkatkan prestasi keterampilan berbicara bahasa Inggris ada hal-hal yang patut untuk dicermati diantaranya faktor yang mendorong terhadap keberhasilan belajar berbicara bahasa, di antara sikap yang dapat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar adalah gaya kognitif field dependent. Gaya field dependen agak kurang mandiri sehingga terdapat prinsip prinsip untuk merespon gaya ini diantara prinsip yang dapat ditawarkan  Creating realistic situation, Engaging all students, Supporting the qualities of spoken language,  Creating an unfearful class.

 

 

Kata kunci: prinsip prinsip pengajaran bahasa, gaya kognitif field dependent, keterampilan berbicara bahasa inggris


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Altun, A., and Cakan, M., (2006) Undergraduate Student’s Academic Achievement, Field Dependent/Independent Cognitive Style and Attitude Toward Computers, 2006, (www.ifets.into/journals/91/23.pdf)

Brown , H.D.(2001). Teaching by Principles. California: Addison Wesley Longman, Inc.

Borich, D. Gary, (1996), Effective Teaching Methods, New Jersey : Prentice-Hall, inc

Dick, Walter dan Lou Carey, (1990) The systematic design of interactional, (Glenview Iliones: Harper Collins Publishers.

Hardjono, Sartinah. (1988) Psikologi Belajar Mengajar Bahasa Asing, Jakarta: Depdikbud

Heaton, J.B, (1989) Writing English language test . New York : Longman Inc.,

Linda, et all, (1984) Language skills in use . Illinois: Scott, Foresman and Company, Glenview,.

Nunan,D (1989) Desining task for the communikating classrom, Cambrige: Cambridge universities PRESS

Richard , J.C., & renandya, W.A. (2002) Metodologi in language teacing .Cambrige: Cambridge Universities Press.

Sanjaya ,Wina (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group,

Setiawati, lis (2002) Evaluasi pendidikan uas rumpun mata kuliah keterampilan n berbahasa . Jakarta: lembaga penilitian UT.

Uno, Hamzah, (2008) Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif, Jakarta: Bumi Aksara

Vygosky, (1962). Thought and language, Massachuses : the Massachusetts of Institute of Technology.

Wooldridge, Blue dan Melanie Haimas-Bartolf, (2006) The field dependence/field independence learning style; implications for adult student diversity, outcomes assessment and acountability , New York: Nova Science Publishers,

Witkin, H. A. (1979 )Field dependent and Field independent Cognitive Styles and Their Educational Implikation, New York: American Educational Research Journal,.

Weir , Cyrill J. ( 1990) Communicative language test. New York: Prentice Hall.

Loreto Todd. (2000) Introduction to linguistic, Singapore: York Press.

Halliday (1989) Language, context, and text : aspects of language in a social-semiotic perspective. Oxford :oxford university press.

Linda Thomson dan Shan Wareing. (2007). Bahasa, masyarakat dan kekuasaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alwasilah. Chaedar A (2013). Filsafat dan bahasa. Bandung : Rosda Karya

Kumaradivelu. (2006). Understanding language teaching from method to postmethod, New Jersey: Taylor & Francis e-Library.

Illinois : Scott Foresman and Co. Year: 1984: Stock: 1 eks. Indeks Page: Ind. : p. 377-384 eks. Information: 384 hlm.: il. ; 24 cm eks

Gardner RC(1985:8) (social ppsycology and second language learning.victoria :edward Arnold

Eugene kaluzniacky (2004: 105-106)Managing Psychological Factors in Information Systems Work: An Orientation to Emotional Intelligence. London :Yurchak Printing Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795