Vol. 14 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Articles

PENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF SIDOLAJU PADA PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI MODEL EVALUASI TENAGA PENDIDIK

Luluk Muasomah
Institut Agama Islam Ngawi

Published 2020-10-12

Keywords

  • Kata Kunci,
  • Keaktifan Siswa dan akhlak

Abstract

ABSTRAK

 

Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, persoalan-persoalan pendidikan terus berubah dan berkembang. Tuntutan peserta didik pun akan semakin besar. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, pendidikan harus senantiasa berubah dan berkembang menyesuaikan kondisi zaman.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa pada pembelajaran Akhlak kelas VII di SMP Ma’arif Sidolaju Widodaren dengan menggunakan Model Evaluasi Tenaga Pendidik.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Ma’arif Sidolaju Widodaren dan guru mata pelajaran Akhlak kelas VII. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, catatan lapangan, sedangkan teknik validitas data yang digunakan yaitu dialogis.

Hasil pengamatan pada setiap aktivitas pembelajaran sebelum dilakukan tindakan yaitu; (1) aktivitas menulis sebesar 76,92%, (2) membaca, 38,46%, (3) mendengarkan/memperhatikan, 76,92%, (4) bertanya, 0%, (5)  menjawab, 2,56%, (6) memberikan pendapat, 0%, (7) diskusi di antara siswa, 0%, dan (8) mengerjakan tugas, 0%.

 

Kata Kunci : Keaktifan Siswa dan akhlak

Downloads

Download data is not yet available.

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abdurrahman, Meaningful Learning: Reinvensi Kebermaknaan Pembelajaran, (Widodaren: Pustaka Pelajar, 2000.
  3. Abu Bakar, Usman dan Surohim, Fungsi Ganda Lembaga Pendidikan Islam (Widodaren: Safiria Insania Press, 2005).
  4. Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan: Studi Kritis terhadap Pemikiran Fazlur Rahman (Widodaren: Kota Kembang, 2006.
  5. Bermawy Munthe, Implementasi Peraturan Akademik untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, DisamAkhlakkan dalam Lokakarya yang diselenggaran FISE UNY.
  6. Nasution S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bina Aksara, 1992.
  7. Permendiknas No. 16 Tahun 2000 tentang Standard Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
  8. Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003.
  9. James O. Lugo dan Gerald L. Hershey, Human Development, New York: MacMillan, 194
  10. Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
  11. Candy, Philip C., Gay Crebert, Jane O’Leary. DEVELOPING LIFELONG LEARNERS THROUGH UNDERGRADUATE EDUCATION. Canberra: Australian Government Publ. 1994.
  12. Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutrisno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Adita..