PENDIDIKAN ISLAM DAN KETAHANAN NASIONAL

Hasbi Indra

Sari


Abstrak

Pendidikan Islam menjadi bagian penting untuk mengantarkan bangsa ini menuju cita-cita konstitusinya yakni menuju masyarakat yang sejahtera, ada pun ada kendala yang dihadapi seperti masih ada mereka yang menyoal masalah ideologi harus direspon oleh pendidikan Islam. Pendidikan Islam bagian lembaga pendidikan nasional yang menyiapkan sumber daya yang menjadi penopang ideologi yang telah disepakati  juga menjadi sumber daya bangsa yang memiliki kualitas tertentu seperti luasnya pemahaman terhadap sains, ekonomi, berjiwa wirausaha, berkompetensi dan berkarakter baik. Hal ini menjadi tantangan pendidikan Islam untuk mencetak anak didik dengan kualitas-kualitas tersebut. Pendidikan Islam harus menjadi gardah terdepan untuk keutuhan bangsa ini melalui pembentukan anak didik yang siap eksis dengan kualitas-kualitas serta menjaga mengamalkan ideologi negaranya demi keutuhan bangsanya.Tulisan ini berdasarkan penelitian kualitatif, deskriptif, analisis yang ingin menemukan bagaimana peran pendidikan Islam dalam membentuk anak didik sebagai bagian dari komponen ketahanan bangsa di era global ini.

Keywords: Pendidikan Islam;nasionalism; ketahanan nasional;


Kata Kunci


Pendidikan Islam;nasionalism; ketahanan nasional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anshari, Endang Syaifuddin, Piagam Jakarta 22 Juni 1945 dan Konsensus Nasional 1945-1959, Bandung: Pustaka Salman 1981.

Azra, Azyumardi, Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1998

---------------------, “Upaya IAIN Menjawab Tantangan Zaman”, Perta, Vol. V/No. 01/2001

Arifin, Syamsul, “Strategi Pendidikan Dalam Rangka Menghadapi Globalisasi”, Tarbiya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vo. 2 Des 2014

Alim, Sahirul, Menguak Keterpaduan Sains, Teknologi dan Islam, Yogyakarta: Dinamika, 1996

Al-Naquib al-Attas, Syed Muhammad, Konsep Pendidikan Dalam Islam, Bandung: Mizan, 1994

Bastoni, Hepi Andi, Beginilah Rasulullah Berbisnis,Bogor: Pustaka Al-bustan, 2013.

Dhofier, Zamakhsjari, Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES, 1994

Hatta, Moh.,Pengertian Pancasila, Jakarta: Idayu, 1981

Husaini, Adian, dalam “Pengantar Editor”, Filsafat Ilmu, prespektif Barat dan Islam, Jakarta: Gema Insani, 2013

Indra, Hasbi, Pendidikan Diniyah di Era Globalisasi, Jurnal al-Mabsut Studi Islam dan Sosial, IAI Ngawi, 13 (1), 2019

__________,“Pesantren dan Peradaban”, Jabal Hikmah, STAIN Jayapura, Vol. 2. No. 4 Juli 2009

----------------,“Manajemen Pendidikan Islam”, Tawazun, Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun, Vol. 4 No. 4-Juli 2010

__________, Islamic Relgious Education in Era of AFTA, Jurnal Tarbiya UIN Jakarta, Vol. 2 No. 2 Desember 2015

__________, Pendidikan Tinggi Islam dan Tantangan ke Depan”, Fikrah, FAI UIKA Bogor, Vol. 8, No. 1-2015

Koentjaranngrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia, 2015

Maarif, Ahmad Syafii, Islam dan Masalah Kenegaraan, Jakarta: LP3ES, 1977

Mansyur, Tolchah,Teks Resmi dan Bebarapa Soal tentang UUD 1945, Bandung: Alumni, 1977.

Nasution, Harun, Islam Rasional, Bandung: Mizan, 1989

Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007.

Pontren, Dit. PD., Pola pembinaan TKQ/TPQ,Jakarta: Dit. PD. Pontren, 2013

Pontren, Dit.PD.,Pedoman kurikulum TKQ/TPQ, Jakarta: Dit. PD. Pontren, 2013

Pontren, Dit. PD.,Pola Pengembangan Madrasah Diniyah, Jakarta: Dit. PD. Pontren, 2007

Pendis, Ditjen, Statistik Pendidikan Islam, 2012-2013Jakarta, Ditjen Pendis, 2014

Rasyad, Aminuddin, Majalah Ikhlas, Depag, No. 22 tahun 16, 2002

Rahardjo, Dawam, “Pancasila telah dilupakan? Kompas, 1 Juni 2015

Saridjo, Marwan, Pendidikan Islam Dari Masa ke Masa, Jakarta: Penamadani, 2010

Soemahamidjaya, Soeparman, dkk. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewirausahaan, Bandung: Angkasa, 2003.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795