INTEGRASI MORAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Authors

  • Arif Ma'mun Rifa'i Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v14i1.403

Keywords:

Kata kunci, Implikasi, Moral, Pembelajaran

Abstract

Abstrak

Bahasa memiliki peran yang sangat penting  dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional pada peserta didik. Fenomena kekerasan, kriminalitas, berbicara kasar banyak ditemui di masyarakat terutama para pemuda dalam aksi aksi mereka yang di broadcast melalui media sosial, sehingga nampaklah sikap kurangnya kontrol diri merupakan representasi lemahnya karakter bangsa indonesia, dengan kekayaan kearifan lokal yang banyak seperti , santun, berpekerti luhur, dan berbudi mulia. Oleh karena itu, dibutuhkan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada karakter kinerja melainkan memprioritaskan karakter moral. dengan demikian, maka diperlukan integrasi moral melalui pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa sangat potensi untuk menanamkan nilai moral karena bahasa menjangkau seluruh sosial dan budaya serta dapat mengkaji nilai nilai kearifan lokal melalui kalimat kalimat yang dikonstruksi dan dipraktekkan dalam pembelajaran bahasa. akhirnya diharapkan pembelajaran bahasa dapat   berperan membangun karakter bangsa yang bermoral dan bermartabat.

 

Kata kunci: Implikasi, Moral, Pembelajaran

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Rifa’i, Arif Ma’mun, 2017, al-mabsut: jurnal studi islam dan sosial pendidikan bahasa inggris dalam perspektif perenialisme issn: 2089-3426/ e-issn: 2502- 213x vol. 11, no. 2, september 2017

Aitchinson, Jean , 2003, linguistics. Teach yourself, McGraw hill.isbn. 0340870834, 9780340870839

Alsagoff , Lubna, 2012. identity and the eil learner. New York : routledge.

Baker, david. 2009 creating effective teaching and learning environments first results. talis: oecd

Brown, H Douglas (2007) principles of language learning and teacing. britain: pearson longman.

Duncan, Madeleine And Ruth Watson 2010 New Approaches to Qualitative Research. oxon: Routledge.

https://kbbi.web.id/moral.html diakses 15-02-2020

https:// radhacandrabb. wordpress. Com /2013/03/26/ makalah – psikologi - kepribadian dan-teori-kepribadian/ diakses 31-01-2020.

Kumaravadivelu, B. 2006 Understanding language teaching: From method to postmethod. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.

Le Ha. Phan 2008 Teaching English as anInternational LanguageIdentity, Resistance and negotiation.Great Britain by the Cromwell Press Ltd.

Permendikbud, undang-undang tentang sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2003.bab I ketentuan umum pasal 20 Permendikbud no103 thn 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah pasal 1 no 1

Samani, Muchlas dan Hariyanto, 2016 Konsep dan Model Pendidikan dan Karakter. (Bandung: PT Remaja Rosdakrya

Skeel, J. Dorothy. 1995. Elementery Social Studies - Challenges for Tomorrow’s World. Harcourt Brace College Publishers.

Woolfolk, A. 2007 Educational psychology(tenth ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Abstract View: 250,

Published

2020-04-05

Issue

Section

Articles