UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA SDIT AL MUKMINUN NGRAMBE (Analisis Kepemimpinan Al Mukminun)

Sadiran Sadiran

Sari


Abstrak

Penelitian yang diadakan di SDIT Al Mukminun Sanggrahan Ngrambe ini bertujuan untuk memperoleh, mengungkap sekaligus menganalisa secara mendalam tentang cara yang digunakan oleh Kepala SDIT Al Mukminun Ngrambe dalam kaitannya peningkatan kualitas sekolahnya. Dan juga untuk mengetahui sampai sejauh mana SDIT Al Mukminun Ngrambe yang menjadi SD Unggulan menggali info awal bagi prosedural penyusunan dan pengupayaan strategi-strategi jitu bagi peningkatan kualitas sekolahnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan oleh kepala sekolah yang concern terhadap  lembanganya sebagai salah satu referensi mengenai strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif-kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SDIT Al Mukminun Ngrambe. Lokasi ini dipilih dikarenakan  Al Mukminun Ngrambe semenjak tahun 2008 telah dipilih dan dipercaya oleh Dinas Pendidikan sebagai sekolah model bagi sekolah-sekolah lain di sekitarnya baik yang bertaraf lokal maupun nasional. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan:  Strategi peningkatan kualitas  Al Mukminun diupayakan oleh seluruh komponen yayasan sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga Al Mukminun secara kekeluargaan. Hal ini bertujuan agar seluruh warga Al Mukminun dapat merasa memiliki lembaga pendidikan tersebut, juga sebagai salah satu cara efektif merecharge semangat dan motivasi kerja para pengelola yayasan. Penelitian ini dimulai dari menyusun secara berkala formulasi strategi dengan melihat secara objektif setiap potensi yang ada di lingkungan internal dan eksternal yang dihadapinya. Setelah formulasi dilakukan oleh tenaga kependidikan, kemudian Al Mukminun mengupayakan untuk menerjemahkan visinya agar dapat lebih diketahui secara rinci, dicermati dan diamalkan oleh semua warga Almukminun dan juga stake holders.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Kepala Sekolah, SDIT Al Mukminun

Kata Kunci


Kata Kunci : Pendidikan, Kepala Sekolah, SDIT Al Mukminun

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

B. Suryosubroto, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 1990

Deni Damayanti, Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Araska, 2014.

Koestoer Partowisastro, S.Psy, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah Sekolah, Jakarta: Erlangga, 1985

Ma’ruf Zurayk, Aku dan Anaku, Bandung: Al Bayan, 1998.

Mukodi, Pendidikan Islam Terpadu, Yogyakarta : Magnum Pustaka, 2010.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.

Thomas Gordon, Guru yang Efektif, Jakarta: CV Rajawali, 1984

Toto Raharjo, Pendidikan Popular, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2000


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795