INOVASI PENERAPAN SISTEM E-TILANG DI INDONESIA

Ambar Suci Wulandari

Sari


ABSTRAK

Salah satu langkah inovasi dalam pembaruan dan perubahan yang di ambil oleh pemerintah Indonesia untuk memperbaiki sistem pelayanan publik dalam pelanggaran berlalu lintas adalah dengan cara penerapan sisteme-tilang. Keberadaan e-tilang di Indonesia sangat diperlukan karena terkait sejumlah pertimbangan dari banyaknya permasalahan-permasalahan yang terjadi mulai dari adanya pungutan liar (pungli), istilah damai ditempat hingga akuntabilitas uang denda yang dalam hal ini sering dilakukan oleh pihak kepolisian. Melalui sistem e-tilang diharapkan pelayanan publik yang diberikan dapat lebih transparan, akuntabel, efektif dan efisien untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Isu penting dalam hal ini berkaitan dengan inovasi penerapan sistem e-tilang serta urgensi e-tilang yang ada saat ini dilihat dari manfaatnya. Untuk menganalisis permasalahan tersebut dilakukan penelitian hukum (legal research) dengan paradigma black-letter law. Teknik pengumpulan data bahan hukum penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Bahan hukum dianalisis secara deduktif dan memanfaatkan metode interpretasi (hermeneutika). Hasil dari penelitian ini menunjukkan Inovasi penerapan e-tilang merupakan suatu keputusan yang baik dilakukan dan dalam urgensi e-tilang saat ini adalah dapat terwujudnya transparasi antara kepolisian dengan masyarakat demi menghindari adanya pungutan liar (pungli).

 

Kata kunci: Penerapan, E-Tilang, Kepolisian.


Kata Kunci


Penerapan, E-Tilang, Kepolisian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Halawa, Sona Seki, 2015, Penerapan Sanksi Denda Tilang Bagi Pelanggar Lalu Lintas Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kota Pekanbaru. JOM Fakultas Hukum Volume 1 No. 1.

Indarti, Erlyn, 2014, Profesionalisme Pengemban Fungsi Utama Kepolisian Dalam Penegakan Hukum di Polda Jawa Tengah,Mmh Jilid 43 No. 3.

IB, Rahardian, Dian AK, 2011, Program Aplikasi Berbasis Wap Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Sistem Tilang Pelanggaran Tata Tertib Lalu Lintas Di Wilayah Polres Majalengka, Jurnal ICT-STMIK IKMI Vol 1 No. 1 Edisi Juli 2011.

Junef, Muhar, 2014, Perilaku Masyarakat Terhadap Operasi Bukti Pelanggaran (tilang) Dalam Berlalu Lintas, E-Journal WIDYA Yustisia 52 Volume 1 Nomor 1 Juni 201.

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta:UPP AMP YKPN.

Nailufar, Nibras Nada, Mulai Besok Polisi berlakunya E-tilang, Apa Itu?, Kompas Online, April 05 2018.

Setiyanto, 2017, Efektifitas Penerapan Sanksi Denda E-tilang Bagi Pelanggar Lalu Lintas Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi di Polres Rembang), Jurnal Hukum Khaira Ummah Vol. 12. No. 4 Desember 2017.

Sandhy, Subhave,Suwarto H, Arie Q, 2016, AplikasiTilangBerbasis Android, UniversitasIlmuPakuwan Bogor.

Dikutip dari www.pengertianmenurutparaahli.net, diakses pada tanggal 16 Desember 2019 Pukul 10:00 WIB.

Dikutip dari https://id.m.wikipedia.org di akses pada tanggal 16 Desember 2019 Pukul 10:20 WIB.

Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2002 Tentang Lalu Lintas dan Angkuta Jalan.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Transaksi Elektronik.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795