NILAI-NILAI ISLAM DALAM BUDAYA MBANGUN CANDI WARGA SIKEP KARANGPACE BANJAREJO

Sadiran Sadiran

Sari


Abstrak

 

Islam ahlussunnah wal jamaah yang menjadi paham Nahdlatul Ulama memberikan arah pendidikan dan pengajaran dengan muatan ahlakul karimah kepada umat Islam, sehingga diharapkan lahir generasi umat Islam yang bisa berjuang untuk membangun bangsa dan Negara baik dari aspek lahir maupun batin, sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

Keyakinan para pengikut Ki Engkrek adalah salah satu murid Ki Samin Surasentika menurutnya jika manusia berperilaku baik ketika hidupnnya maka dia akan nitis (ikut manusia) lagi ketika sudah mati. Demikian juga sebaliknya, jika manusia dalam hidupnya menyimpang dan melakukan perbuatan yang tidak baik, maka ketika sudah meninggal dunia tidak bisa hidup bersama manusia lagi. Mereka akan menempel pada batu besar, pohon, dan bahkan dengan kewan alasan (hewan yang tidak jinak dengan manusia) atau hidupnya akan lebih sengsara dan jauh dari manusia. Perbuatan buruk membuat keyakinan mereka seperti itu, maka tidak ada pengaruhnya doa keluarga yang masih hidup, seperti umumnya slametan yang dilakukan oleh orang Jawa. Berdasarkan dari sumber lisan yang didapat dari penduduk tidak dapat menceritakan sejak kapan Budaya mbangun Candi ini dilakukan.

Mereka hanya dapat menyatakan bahwa upacara ini sudah sejak dulu dilakukan, kini mereka tinggal meneruskan adat yang telah berlaku turun temurun. Budaya mbangun candi  salah satu bentuk upacara budaya yang diwariskan oleh orang tua atau sering di lakukan oleh para leluhur. Di dusun Karangpace terdapat dua pasareyan yaitu pasareyan lor dan pasareyan warga Sikep.

 

Kata Kunci : Nilai-Nilai Islam dan Budaya Mbangun Candi


Kata Kunci


Kata Kunci : Nilai-Nilai Islam dan Budaya Mbangun Candi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Al- Mandari Syafaruddin, Islam Interpretatif, upaya menyelam Islam dan inti Ajaran, aliran aliran Sampai Realitas Moderennya, Depok: Innisiasi Press, 2003.

Al-Faruqi Ismail R, Islam dan Kebudayaan Yogyakarta : Mizan.

Artaria Myrtati Diah, Manusia Makluk Sosial Biologis , Surabaya : Airlangga University Press

Abdullah Ali, Menangkap Isyarat isyarat Tuhan, pustaka hidayah, Bandung : Pustaka Hidayah .

Hasan Langgulung Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta :PT Al Husna Zikhra, 1995.

Herusatoto Budiono, Konsepsi Spiritual Leluhur Jawa dalam Menyiapkan Generasi Baru Berkualitas ,Yogyakarta : Ombak, 2009.

Moh Dahlan, Membangun Bersama Rakyat Berprinsip Maqashid Al-Syari’ah di Era Kepemimpinan Joko Widodo , Bekasi : Serpico, 2018.

Rosyadi Imran, Alif Lam Mim, Kearifan Masyarakat Sasak, Yogyakarta : PT Tiara Wacana 2001 .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795