PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

Luluk Muasomah

Sari


Abstrak

 

Lembaga pendidikan Islam dalam melaksanakan peran dan fungsinya merupakan bagian terpadu yang integral dari pendidikan nasional. Tujuan pendidikan agama Islam harus searah dengan tujuan Pendidikan Nasional seutuhnya, yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab.

Kemajuan zaman dan perubahan global meminta kita berubah dalam pengelolaan hidup masyarakat dan disana pasti mengalami perubahan pendidikan dalam rangka mempersiapkan manusia-manusia Indonesia untuk dapat memberikan jawaban terhadap semua tantangan dan peluang global tersebut.

Pendidikan Islam berarti proses yang komprehensif dari pengembangan kepribadian manusia secara keseluruhan, yang meliputi intelektual, spiritual, emosi dan fisik, sehingga seorang muslim disiapkan dengan baik untuk memiliki kemampuan mengaktualisasikan potensi-potensinya dan kompeten melaksanakan tugas-tugas esensialnya dalam kehidupan individu maupun secara kolektif. Semuanya merupakan perwujudan dari upaya pendekatan diri dan pengabdian kepada Tuhan. Yang Maha Esa Allah SWT . adapun Peran IPTEK dan IMTAQ dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia sangat dibutuhkan, sehingga saling mendukung dan mengisi.

 

Kata kunci:  Pendidikan Islam dan Pengembangan kualitas sumber daya manusia.


Kata Kunci


Kata kunci: Pendidikan Islam dan Pengembangan kualitas sumber daya manusia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Hery Noer, – S, Munzier, Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani, 2000.

Al-Ibrashi, Muhammad Atiya, Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Ponorogo: Trimurti, 1991.

Arifin, M, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Azizi, A, Qodri, A, Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial. Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Ciputat: Kalimah, 2001.

Bisri, Hasan, Cic-Fuaduddin, Dinamika Pemikiran Islam di PT. Ciputat: Logos, 2002.

Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Fadjar, Malik, A, Platform Reformasi Pendidikan dan Pengembangan SDM. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2001.

--------------------, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: Alfa Grafika, 1998.

Feisal, Yusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Hasan, Muhammad Tholhah, Islam dan Masalah SDM. Jakarta: Lantabora Press, 2003.

Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar; Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Ciputat: Paramadina, 2003.

Sirozi, Muhammad, Agenda Strategis Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ak Group, 2004.

Sumaatmaja, Nursid, Pendidikan Pemanusiaan, Manusia Manusiawi. Bandung: Alfabeta, 2002..

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2003


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795