PEMBINAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN SANGGAR GENIUS DI LAZNAS YATIM MANDIRI CABANG YOGYAKARTA

Nafi' Mukharomah

Sari


Abstrak

Artikel ini membahas tentang pembinaan yang telah diberikan kepada anak yatim dan dhuafa dalam bentukprogram pendidikan yang bernama Sanggar GENIUS.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian bertempat di LAZNAS Yatim Mandiri Yogyakarta yang beralamat di Jl. Ireda No. 119, Keparakan, Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta.Sasaran dari program ini adalah anak-anak yatim dan dhuafa karena salah satu masalah krusial di antara merekayaitu kurang memperhatikan pendidikannya. Program bimbingan belajar Sanggar GENIUS ini mencari tempat di kawasan yang terbilangbanyak anak yatim dan dhuafanya, karena program ini adalah amanah dari donator yang menyisihkan sebagian hartanya ke LAZNAS Yatim Mandiri. Jadi, program ini tidak dipungut biaya atau gratis namun tetap berkualitas.Berikut adalah rumusan permasalahan yang berguna untuk memudahkan pemaparan. Pertama, bagaimana implementasi program Sanggar GENIUS di Yatim Mandiri Yogyakarta. Kedua, bagaimana bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan guru GENIUS selama proses pembelajaran. Subjek penelitian dilakukan dengan carapurposive. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data penelitian dengan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini sesuai dengan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Sanggar GENIUS dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam seminggu, dimana anak binaan dari tiap sanggar dibimbing oleh satu guru GENIUS. Bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan melalui program Sanggar GENIUS tersebut adalahpembinaan dalam pembelajaran matematika, pendampingan belajar mandiri, dan akhlakul karimah.

 

Kata Kunci: Pembinaan, anak yatim, dhuafa, program pendidikan


Kata Kunci


Kata Kunci: Pembinaan, anak yatim, dhuafa, program pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Al Darmono. ”Manajemen Pendidikan Dasar Menurut Peraturan Perundang-undangan di Indonesia”.Jurnal As-Sibyan, Vol. 6 No. 1, April 2013.

A. M, Mangunhardjana. Pembinaan Arti dan Metodenya.Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1986.

Ar-Rifa’I, Muhammad Nasib.Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani, 2008.

Badan Standar Nasional Pendidikan.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI, Jakarta, 2006.

Djaelani, A. R. “Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif”. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol. XX, No: 1, Maret 2013.

Hidayat, Lukman.“ Pola Pembinaan Budi Pekerti Anak di Panti Asuhan”. Untirta Civic Education Journal, Vol. 2 No. 1, Desember 2017.

http://etd.eprints.ums.ac.id/7393/2/G000050049.pdf.Diakses tanggal 11 Januari 2019.

Mahmud, Ali Abdul Halim. Akhlak Mulia, Terj. Abdul Hayyie al- Kattani, Cet.1 (Jakarta: Gema Insani, 2004.

Masyhur, Rifqy.“Kinerja Pengasuh dalam Pembinaan Akhlak Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu Kinderhut Indonesia”.Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 2, 2018.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Poerwodarminto, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 1995.

S. Soekanto,Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990.

Siswanto.“ Peran Pekerja Sosial Dalam Pembinaan Anak Asuh Melalui Life Skill di Panti Asuhan Darul Hadlanah Pati”. Interdisciplinary Journal of Communication , Volume 2, No.1, Juni 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidian:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

Syukron, Muhammaddan Syaifuddin Fahmi, “ Manajemen Pengumpulan, Pendistribusian Dana Zakat, Infaq, Shodaqah dan Wakaf (Ziswaf) di Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Yatim Mandiri”, Jurnal Ekonomi Islam¸ Volume 9, Nomor 2, Juni 2018.

Yulia dkk.“Peran Pendidikan Luar Sekolah dalam Pembinaan Narapidana Anak di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Jember”.Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol 2 No.1, 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795