IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA MUHAMMADIYAH 2 NGAWI

Sadiran Sadiran

Sari


Abstrak

Dalam perspektif Total Quality Management atau Manajemen Mutu Terpadu (selanjutnya disebut MMT), peningkatan mutu lembaga harus berasal dari pimpinan, sebagaimana diungkapkan oleh Edward sallis, “leadership and commitment to quality must come from the top. all model of quality emphasize that without the drive of senior management quality inisiative will be short-lift. (Kepemimpinan dan komitmen terhadap mutu harus datang dari atas. Seluruh tokoh mutu menekankan bahwa tanpa dukungan dari manajemen senior, maka sebuah inisiatif mutu tidak akan bertahan hidup).    

Penerapan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dalam pendidikan sejak lama telah diawali dari negara-negara maju, seperti Amerika (1990), jepang dan negara-negara maju lainnya. Meski pada awalnya banyak dari pakar pendidikan yang meragukan tentang keberhasilan MMT di dunia pendidikan, namun keraguan ini tertepis setelah adanya hasil dengan meningkatnya mutu pendidikan dengan penerapkan MMT. Penelitian yang penulis laksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi menunjukkan hasil tentang Implementasi Kepemimpinan Manajemen Mutu Terpadu melalui beberapa tahap sebagai berikut: (1) Perumusan Konsep Mutu Terpadu di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi meliputi perumusan visi, misi dan tujuan sekolah. (2) Mengidentifikasi urusan-urusan (fungsi-fungsi) untuk mencapai tujuan. (3) Menentukan alternative langkah-langkah pemecahan masalah yang dihadapi. (4) Menyusun rencana program peningkatan mutu. (5) Sosialisasi Konsep Mutu Terpadu Kepada seluruh pegawai. (6) Penerapan pada pelayanan (service), proses (process), produk (product), Sumber daya manusia (human resourcess), lingkungan. (7) Penerapan strategi peningkatan mutu pendidikan sekolah standar nasional di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan.

Kata Kunci :  Kepemimpinan Manajemen Terpadu, Mutu Pendidikan Sekolah.


Kata Kunci


Kata Kunci : Kepemimpinan Manajemen Terpadu, Mutu Pendidikan Sekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdurachman, Implementasi Total Quality Management (TQM) sebagai upaya strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Cilacap, Ngawi: Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta, 2005.

Achmad, Komari, Peran Kepemimpinan kepala Sekolah Peningkatkan Efektifitasan Pendidikan Di MAN Godean Sleman Ngawi, Ngawi: Tesis UIN Sunan Kalijaga Ngawi, 2005.

Arikunto, Suharsimi, Metode Research II, Ngawi: Andi Ofset, 2000.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1999.

Bakar, Anton, Metode Research, Ngawi: Kanisius, 1992.

Bush, Tony, dan Coleman, Marianne, Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, terj.Fahrurrozi, Cet.II, Ngawi: IRCISoD, 2008.

Danim, Sudarwan, Menjadi Komunitas Pembelajar, Kepemimpinan Transformasional Dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

_______________, Menjadi Komunitas Pembelajar, Kepemimpinan Transformasional Dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Total Quality management, Jakarta: Depdikbud, 1998.

Daulat, P, Perguruan Tinggi Bermutu; Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21, Jakarta: Gramedia, 2001.

Dawan, Ainurrafiq, dan Ta’arifin, Ahmad, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Cet.II, ttp: Lista Fariska Putra, 2005.

Dokumen SMA Muhammadiyah 2 Ngawi penulis ambil pada tanggal 4 Maret 2009.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Riset II, Ngawi: Fak.Psikologi UGM, 1987.

Hariandi, Ahmad, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Krapyak Ngawi, Ngawi: Tesis UIN Sunan Kalijaga Ngawi, 2005.

J.S. Badudu dan Sultan Muhammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994.

John L. Esposito, Ensiklopedi Oxpord Dunia Islam Modern, terj Eva Y.N. Etal, Bandung: Mizan, 2001.

Kasali, Rhenald, Re-Code Your Change DNA; Membebaskan Belenggu-belenggu Untuk Meraih Keberanian dan Keberhasilan Dalam Pembaharuan, Jakarta: Gramedia, 2007.

Mattew, B Miles dan A Michail Huberman, Analisa Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode baru, Jakarta: UI Press, 1984.

Muhammad Joko Susilo, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya, Ngawi: Pustaka Pelajar, 2007

Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi, Implementasi, Cet.10, Bandung: Rosdakarya, 2006.

_________, Menjadi Kepala Sekolah Profesional; Dalam Kontek Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Rosda, 2004.

Mu’tafi, Ali, Efektivitas Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Di SMK Negeri I Adiwerna Tegal, Ngawi: Tesis, UIN Sunan Kalijaga Ngawi, 2007.

Musthofa, Implementasi prinsip-Prinsip Kepemimpinan Visioner Dalam Lembaga Pendidikan Islam: Studi di MA al Irsyad Demak Jawa Tengah, Ngawi: Tesis UIN Sunan Kalijaga Ngawi, 2007.

Nawawi, Hadari, Kepemimpinan Menurut Islam, Cet.II, Ngawi: Gadjah Mada University Press, 2001.

Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1998.

Profil Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Ngawi, disusun oleh Tim Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Ngawi: 2008.

Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007.

Rabbin dan Stephen D, Prilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jakarta: PT.Prenhallindo, tt.

Rivai, Veithzal, Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2003.

S. Ascaro, Jerome, Pendidikan Berbasisi Mutu; Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, terj.Yosal Iriantara, Cet.IV, Ngawi: PUstaka Pelajar, 2007.

Sallis, Edwar, Total Quality Managemen in education, London: Koganpage, 1993.

Salus, Al, Imamah dan Khilafah, Jakarta: GIP, 1997.

Sarifuddin Anwar, Metode Penelitian, Ngawi: Pustaka, 1999.

Seyyed Hossen Nasr, Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam, Bandung: Mizan, 2002.

________________, dan Oliver Leamen (edd), Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, Bandung: Mizan, 2003.

Shiddiqi, Nourouzzaman, Syi’ah dan Khawarij dalam Perspektif Sejarah, Cet.I, Ngawi: Bidang Penerbitan LPMM, 1985

Sihabudin, Muhammad, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA 3 Semarang,Ngawi: Tesis UIN Sunan Kalijaga Ngawi, 2008.

Sigit, Suhardi, Pengantar Metodologi Penelitian Sosial, Bisnis, Manajemen, Bandung: Lukman Offset, 1999.

Sukamto, Kepemimpinan Kiai Dalam Pesantren, Jakarta: LP3S, 1999.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2005

Syah, Muhibin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Cet.13, Jakarta: ROSDA, 2007.

Tanfidz Keputusan Rakernas Pendidikan Muhammadiyah se-Indonesia tahun 2006.

Thariq Muhammad as Suwaidan dan Faishal Ismail Basyarahil, Sukses Menjadi Pemimpin Islam, Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2005.

Tjiptono, Fandy, dan Diana, Anastasia, Quality Management, Ngawi: Andi, 2003.

Tobroni, The Spiritual Leadership: Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual Etis, Malang: UMM, 2005

Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhani (Transcendental Intelligence), Jakarta: Gema Insani, 2001.

Usman, Husaini, Manajemen; Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795