PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS “PROBLEM SOLVING” DI SD DALAM PERSPEKTIF PENDEKATAN SAINTIFIK

Erif Ahdhianto, Al Darmono

Sari


ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk mengajak para guru sekolah dasar untuk membahas proses pembelajaran matematika berbasis problem solving dalam perspektif pendekatan saintifik. Pemecahan masalah (Problem Solving) merupakan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dikuasai oleh siswa sekolah dasar dalam perspektifpendekatan saintifik.Melalui problem solving, guru-guru dapat meningkatkan pola pikir dan kreatifitas siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan menerapkan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013.Dalam pembelajaran matematika guru dapat menerapkan pendekatansaintifik melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menyajikan, sehingga guru-guru khususnya guru matematika dapat menerapakan pemecahan masalah (problem solving)dalam perspektif pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.   

 

Kata Kunci:Problem solving, Pendekatan Scientific, Pembelajaran matematika


Kata Kunci


Kata Kunci:Problem solving, Pendekatan Scientific, Pembelajaran matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aris, Shoimin, (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Arruz Media

Dahar, R.W. (1988). Teori-teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan : Jakarta

Giri, Made Kurnia Widiastuti (2013) Kemampuan Komunikasi Efektif Dunia Pendidikan Kedokteran Dengan Pendekatan Scientific Sebagai Bahan Refleksi Implementasi Kurikulum 2013, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Hudoyo dan Sutawijaya. (1998). Pendidikan Matematika I, Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas

Kemendikbud, (2013). Konsep Pendekatan Saintifik, Bahan Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kuriukulum

-------------- (2013). Materi Pelatihan Guru SD Kelas I, Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: P3DMK-PMP

-------------- (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs, Kemendikbud

-------------- (2013). Modul Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Kemendikbud

--------------(2003) Pendekatan Scientific (Ilmiah) Dalam Pembelajaran, Jakarta: Pusbang Prodik

----------------- (2013). Pendidikan Berbasis Kompetensi Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah

Sudjana,Nana dan Rivai, Ahmad, (2011). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suryanti, Isnawati, dkk. (2008). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : UNESA

Robert E., et. al. (1998). Helping Children Learn Mathematic (5th ed). Needham Hwight : Allyn & Bacon

TIM MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: JICA-UPI)

Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Iinovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta

Yadnya. (2008). Problematik Pembelajaran Geometri: Antara ”Action” dan Konsep dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Geometri pada Pendidikan Dasar : Universitas Pendidikan Ganesha.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795