MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN (Telaah Sistem Perencanaan, Pengelolaan dan Pelaksanaan Pendidikan Pesantren)

M. Luthfi Afif Al-Azhari

Sari


Abstrak

Pesantren merupakan institusi pendidikan keagamaan tertua di Indonesia. Keberadaannya menjadi bagian penting dari dinamika sejarah dan perkembangan peradaban bangsa. Sebagian ahli mengenal kebanyakan pesantren nusantara dengan model sistem pendidikan berbasis tradisi. Di satu sisi, arus ini menjadi semacam prinsip dan ideologi yang seyogyanya dipertahankan orisinalitasnya. Namun di sisi yang lain, progresifitas dalam berbagai lini menjadi keniscayaan dalam rangka pemenuhan hajat kemanusiaan yang semakin dan terus berkembang dan juga sebagai wujud kesiapan warga pesantren untuk bersaing dengan masyarakat global. Oleh karena alasan kedua, maka pesantren membutuhkan manajemen pendidikan yang terbarukan disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan utamanya menjadi jembatan akan pencapaian visi “al-muhafadzah ‘ala al-qadim al-shalih wal-akhdzu bi al-jadid al-ashlah”. Artikel ini mendiskusikan berbagai hal yang memungkinkan bagi pesantren untuk selain menjadi poros utama dalam pembentukan karakter bangsa juga memberikan kontribusi positif untuk menjawab tantangan perkembangan dan kemajuan zaman. Manajemen tersebut meliputi optimalisasi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sistem pelaksanaan sistem pendidikan pesantren.

 

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Pesantren, Perencanaan, Pengelolaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A. Malik Fadjar dkk., Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Abdul A’la, Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Abdul Halim Soebahar, Modernisasi Pesantren; Studi Transformasi Kepemimpinan Kyai dan Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKiS, 2013.

Abdurrahman Wahid, Menggerakkan Tradisi; Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS, 2001.

_____, Bunga Rampai Pesanren, Jakarta: Dharma Bakti, 1999.

Ali Maschan Moesa, Nasionalisme Kyai: Konstruksi Sosial Berbasis Agama, Yogyakarta: LKiS, 2007.

Bahan Pelatihan, Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas Balitbang, 2010.

Diding Nurdin, “Manajemen Pendidikan”, dalam Djudju Sudjana dkk, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2007. Djam’an Satori, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Bandung: Alfabeta, 2000.

Endang Turmudi, “Pendidikan Islam Setelah Seabad Kebangkitan Nasional” dalam Jurnal Masyarakat Indonesia Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, Jilid XXXIV No. 2, 2008.

_____, Perselingkuhan Kyai dan Kekuasaan, Yogyakarta: LKiS, 2004.

_____, dan Riza Sihbudi (ed.), Islam dan Radikalisme di Indonesia, Jakarta: LIPI Press, 2005.

Ensiklopedi Ekonomi Bisnis dan Manajemen Vol. 1, Jakarta: Cipta Adi Pustaka, 1992. H.A.R. Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Magelang: Tera Indonesia, 1998.

Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Imma Helianti Kusuma, Manajemen Pendidikan di Era Reformasi, Jakarta: Jurnal Pedidikan Penabur, 2006.

Lee Oey Liang. Manajemen, Yogyakarta: Balai Pustaka, 1987.

M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Galia Indonesia, 1993.

Marihot Tua Efendi Hariandja, Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai, Jakarta: Grasindo, 2002.

Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah Keluarga dan Masyarakat, Yogyakarta: LKiS, 2009.

Muradi (ed.), Penataan Kebijakan Keamanan Nasional, Jakarta: Dian Cipta, 2013.

Nana Syaodih Sukmadinata, “Kurikulum dan Pembelajaran”, dalam Djudju Sudjana dkk, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2007.

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Pesantren, Pendidikan Kewargaan, dan Demokrasi, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2009.

Rafiq A. dkk., Pemberdayaan Pesantren: Menuju Kemandirian da Profesionalisme Santri dengan Metode Daurah Kebudayaan, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Muli, 2002.

S. Wirosardjono, “Pesantren and The Role of Islam in Indonesia”, dalam Manfred Oepen and Wolfgang Karcher, The Impace of Pesantren in Education and Community Development in Indonesia, Jakarta: P3m, 1998.

Thomas S. Bateman dan Scott A. Snell, Manajemen, Edisi 7 Buku 1, Terj. Chriswan Sungkono dan Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat, 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795