METODE BERPROGRAMA DAN CERAMAH PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SMAN Ngrambe)

Luluk Muasomah

Sari


ABSTRAK; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan metode pembelajaran antara metode berprograma, dan penemuan pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Serta mengetahui metode mana yang memiliki kontribusi besar antara penggunaan metode berprograma, penemuan dan ceramah terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 semester 1 SMAN Ngrambe tahun pelajaran 2016//2017. Data penelitian yang terdiri dari kemampuan awal dan kemampuan akhir dari tes prestasi belajar siswa. Teknik analisa data yang digunakan dari hasil rerata skor tertinggi (22,23), dengan metode berprograma dan (17,67) metode ceramah, kemudian dari hasil perhitungan, kenaikan skor antara rerata tes awal dan akhir diketahui skor tertinggi (10,14) untuk metode berprograma dan (4) untuk metode ceramah, sehingga dapat diartikan bahwa kontribusi terbesar peningkatan prestasi belajar siswa dan metode pembelajaran setelah dibandingkan dengan metode yang lain dilihat dari kenaikan skor tertinggi dicapai oleh metode pembelajaran dengan menggunakan metode berprograma dan terendah dicapai oleh metode ceramah, untuk pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus kelas1 semester 1 SMAN Ngrambe. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut tampak jelas bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode berprograma. Metode ini lebih efektif daripada metode ceramah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Fisika. Dari uraian di atas jelaslah bahwa metode pembelajaran sangat besar manfaatnya dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar akan meningkatkan motivasi pada siswa sehingga dapat mempertinggi keberhasilan kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci


Metode Pengajaran Fisika, Prestasi, Motivasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alipande Imansyah, Didaktik Metode Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional 1984.

Engkoswara, Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan, Jakarta: Mada University Press1998.

Hamalik Oemar, Praktik Keguruan, Bandung : Tarsito Press 1975.

S.Nasution , Metode Penelitian Naturalistik kualitatif, Bandung : Tarsito Press,1989 .

Sudjana, Metode Statistik, Bandung: Tarsito Press1986.

Surachmad Winarno, Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung: Jemmars 1979


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795