KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN) DALAM PRESPEKTIF TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i1.110Keywords:
KTSP, Teknologi PendidikanAbstract
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan model kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ). Pelaksanaan kurikulum ini sangat perlu dalam proses belajar mengajar, untuk melaksanakan kurikulum ini harus didukung dengan kesiapan materiil dan non materiil. Kesiapan materiil dapat berupa kesiapan sekolah berkenaan dengan materi yang sifatnya kebendaan seperti perangkat kurikulum, sarana dan prasarana sekolah unsur keuangan dan unsur lingkungan sekolah. sedangkan kesiapan nonmaterial dapat berupa tenaga kependidikan yang handal dan profesional (kepala sekolah/guru), kesiapan karyawan maupun kesiapan unsur dari kesisiwaan dan orang tua. Begitu juga dengan tekhnologi pendidikan, Kurikulum dan tekhnologi pendidikan saling melengkapi. tekhnologi pendidikan berfungsi memperkuat pengembangan kurikulum. Bagaimana kurikulum dikembangkan, maka itu menjadi fungsi tekhnologi pendidikan.Downloads
References
Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karaya, 1997
Muslih, Mansur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Mulyasa, Kurikulum Yang Disempurnakan, Bandung: Rosda Karya, 2009
M. Zainuddin, Reformasi Pendidika: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
Susilo,Muhammad Joko, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
Munir, Kurikulum Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2008
Downloads
Published
Issue
Section
License
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â